Apa Yang Menyebabkan Kista Itu Terjadi ?

Apa yang Menyebabkan Kista Itu Terjadi ?


Apa Yang Menyebabkan Kista Itu Terjadi ?,- Kista adalah kantong kantung-seperti jaringan yang berisi cairan, udara, atau zat lain. Kista dapat tumbuh hampir di mana saja di tubuh Anda atau pada kulit Anda.

Ada berbagai jenis kista. Kebanyakan kista bersifat jinak, atau non-kanker.


Apakah kista membutuhkan pengobatan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

  • Jenis kista
  • Lokasi kista
  • Jika kista yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan
  • Apakah kista terinfeksi

Mengenali Kista


Kista dapat muncul sebagai benjolan pada kulit Anda. Hal ini juga mungkin merasa seperti benjolan kecil jika tumbuh di bawah kulit Anda.

Beberapa kista tumbuh jauh di dalam tubuh Anda di mana Anda tidak bisa merasakan mereka. Namun, mereka dapat menyebabkan gejala lainnya. Misalnya, kista ovarium, seperti yang dihasilkan dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), dapat menyebabkan masalah hormonal. Penyakit ginjal polikistik (PKD), yang menyebabkan kista terbentuk dalam ginjal, dapat mempengaruhi fungsi pada oragan ginjal.

Kista biasanya tumbuh sangat lelet dan juga mempunyai permukaan yang sangat lebar. Hal tersebut bisa menjadi sangat kecil atau sangat besar. Kebanyakan kista tidak menyakitkan. Mereka biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali mereka:


  • Terinfeksi
  • Sangat besar
  • Menimpa pembuluh saraf atau darah
  • Tumbuh di daerah sensitif
  • Mempengaruhi fungsi organ

Kista membentuk untuk alasan yang berbeda. Mereka dapat disebabkan oleh:


  • Infeksi
  • Penyakit warisan
  • Peradangan kronis
  • Penyumbatan di saluran

Penyebab pasti tergantung pada jenis kista.

 

Jenis Kista


Ada ratusan jenis kista. Mereka dapat tumbuh hampir di mana saja di tubuh Anda. Beberapa kista terjadi sebagai bagian dari kondisi lain, seperti PKD atau PCOS. Beberapa jenis yang lebih umum dari kista meliputi berikut ini:

  • Kista sebasea

Ini adalah kecil, benjolan jinak diisi dengan zat berminyak yang disebut sebum. Mereka juga dikenal sebagai kista epidermoid.

kista sebaceous sering membentuk dalam folikel rambut. kelenjar sebaceous pecah juga dapat menyebabkan kista. Ini adalah kelenjar yang menimbulkan minyak pada kulit dan rambut anda

Dalam kasus yang jarang terjadi, kista sebasea yakni disebabkan oleh kondisi turunan yang disebut sindrom Gardner.

  • Ganglion Kista

Kista jinak ini biasanya terbentuk di pergelangan tangan Anda atau tangan. Namun, mereka juga dapat mengembangkan pada kaki Anda. Alasan mereka membentuk tidak diketahui. Kista ganglion cenderung terjadi di sepanjang selubung yang berhubungan dengan tendon. Hal tersebut lebih sering terjadi pada perempuan dan laki-laki.

  • Kista Ovarium

Kista yang berada di ovarium sering terbentuk ketika folikel yang biasanya melepaskan telur tidak terbuka. Hal ini menyebabkan cairan untuk membangun dan membentuk kista. Kista ini paling sering terjadi antara pubertas dan menopause. Mereka biasanya ditemukan selama pemeriksaan panggul. Kista ovarium berhubungan dengan tingginya risiko kanker ketika anda memiliki terjadinya suatu masalah setelah menopause. 
 
  • Kista yang Berada Di Payudara

Kista jinak dapat berkembang pada payudara Anda ketika saluran susu Anda diblokir. Mereka umumnya terjadi pada wanita di usia 30-an dan 40-an. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di daerah yang terkena.

  • Chalazia

Chalazia kista jinak yang terjadi pada kelopak mata Anda ketika hubungan kelenjar minyak terhimpit. Kista menimbulkan rasa sakit terhadap aktivitas cahaya, dan pembengkakan yang menyakitkan. Jika mereka terlalu besar, mereka dapat menyebabkan masalah penglihatan.

  • Kista pilonidal

Kista ini membentuk dekat bagian atas pantat. Mereka biasanya diisi dengan puing-puing kulit, minyak tubuh, rambut, dan materi lainnya.

Kista pilonidal lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Mereka dapat berkembang ketika rambut longgar menjadi tertanam di kulit Anda. Infeksi kronis pada kista yang dapat meninggikan risiko jenis kanker kulit yang disebut dengan karsinoma sel skuamosa.

Perawatan medis


Metode umum pengobatan medis untuk kista meliputi berikut ini:


  • Dokter Anda dapat menguras cairan dan materi lainnya dari kista menggunakan jarum.
  • Dokter Anda dapat memberikan obat, seperti suntikan cortisone, untuk mengurangi peradangan pada kista.
  • dokter pembedahan dapat menghapus kista. Hal ini dapat dilakukan jika pengeringan tidak bekerja atau jika Anda memiliki kista internal yang sulit dijangkau dan membutuhkan perawatan.

Apa Apakah Jangka Panjang Outlook?


kista jinak biasanya tidak menyebabkan masalah jangka panjang. Kadang-kadang mereka bahkan pergi pada mereka sendiri. Kista dapat tumbuh kembali setelah dikeringkan. Jika Anda memiliki kista yang terus kembali, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memiliki itu pembedahan.

Dokter Anda akan mendiskusikan pengobatan jika Anda memiliki kista kanker. Prospek akan bervariasi tergantung pada jenis kanker yang terlibat.

Mencegah Kista


Sebagian besar jenis kista tidak dapat dicegah. Namun, ada pengecualian. Perempuan rentan terhadap kista ovarium mungkin dapat mencegah kista baru dari pembentukan dengan menggunakan kontrasepsi hormonal.

Membersihkan kelopak mata Anda dekat garis bulu mata dengan pembersih yang lembut dapat membantu menjaga saluran minyak dari menjadi diblokir. Hal ini dapat membantu mencegah chalazia.

Anda dapat mencegah kista pilonidal dari pembentukan dengan menjaga kulit agar tetap bersih di daerah yang terkena kista. Anda juga dapat menempatkan bedak pada kulit Anda untuk tetap kering. Bangun setiap begitu sering bukannya duduk untuk waktu yang lama juga dapat membantu mencegah kista ini.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda semoga bermanfaat...

0 Response to "Apa Yang Menyebabkan Kista Itu Terjadi ?"

Post a Comment