Monday, February 6, 2017

Tips Mengatasi Sinusitis Secara Alami

Tips Mengatasi Sinusitis Secara Alami

Tips Mengatasi Sinusitis Secara Alami - Sinusitis merupakan penyakit yang sangat umum terjadi di berbagai negara. Di Indonesia, sinusitis banyak sekali ditemukan dan biasanya lebih menyerang pada orang yang menetap di kawasan udara yang memiliki suhu rendah. Mungkin potensinya tidak cukup besar ketimbang penduduk di negara yang mempunyai empat musim sebab mereka mengalami musim dingin yang buruk.

Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh adanya virus yang mengkontaminasi rongga pernapasan atas. Tak hanya itu, sinusitis juga dapat disebabkan oleh alergi terhadap suhu dingin, udara, bulu binatang, debu, serbuk sari bunga, dan juga makanan atau penyakit tertentu.

Pada masa awal sinusitis mungkin tidak terlihat dan tidak diperhatikan, gejala sinusitis biasanya akan sangat mirip dengan flu biasa. Tetapi, gejala yang cukup lama terjadi seperti lebih dari dua minggu dapat menjadi pemicu sinusitis yang memerlukan penanganan lebih lanjut atau masuk ke dalam kategori serius. Berikut ini beberapa tips mengatasi sinusitis secara alami yang dapat anda lakukan.
  • Melembabkan Hidung
Perawatan sinusitis dapat dilakukan dengan cara mengalirkan air secara langsung ke dalam hidung. Anda dapat memakai alat bantu yang disebut neti pot. Alat tersebut akan membantu mengalirkan air ke dalam hidung secara bergantian. Anda juga dapat memakai air yang sebelumnya telah dicampur dengan sedikit garam dapur. Air tersebut akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung serta mengurangi hidung tersumbat. Hal ini dapat dilakukan ketika sinusitis masih pada tahap awal.
  • Uap dengan Minyak Kayu Putih
Bahan minyak esensial yang terkandung didalam minyak kayu putih sangat bermanfaat bagi penyembuhan sinusitis. Anda dapat mencoba cara perawatan sinusitis dirumah dengan tips yang sederhana ini. Siapkan mangkuk kecil kemudian tambahkan air panas lalu teteskan minyak kayu putih secukupnya. Uap yang keluar dari mangkuk tersebut telah mengandung minyak esensial segera tempatkan hidung Anda menghadap uap dan biarkan lendir atau cairan keluar dari hidung secara alami.
  • Kompres Hidung dengan Air Hangat
Tuangkan air panas kedalam mangkuk ukuran sedang, siapkan handuk yang lembut dan rendam dalam air hangat. Kemudian angkat dan taruh pada bagian antara dahi dan hidung.
  • Konsumsi Nanas
Cara menyembuhkan sinusitis juga dapat dengan mengonsumsi buah nanas. Bahan bromelain yang terkandung dalam nanas diduga dapat mengurangi peradangan atau luka pada bagian rongga sinus. Tetapi, mengonsumsi nanas ketika saat sinusitis kambuh ada baiknya tidak dilakukan secara bersamaan dengan resep obat dari dokter. Oleh sebab efek bromelain dapat menghilangkan kinerja obat, makanya perawatan ini dapat bertentangan.
  • Hindari Minum Kopi, Teh serta Alkohol
Saat sinusitis menjadi sangat parah, sangat disarankan untuk hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minuman seperti kopi, teh dan alkohol hanya akan memperparah situasi saja.
  • Banyak Minum Air Mineral
dehidrasi akan mudah diatasi ketika seseorang banyak mengonsumsi air mineral. Hal ini dapat membuat bagian dalam hidung jadi lebih lembab dan tidak terlalu kering. Hal terpenting untuk diketahui, hindari air es.
  • Jahe
Jahe merupakan salah satu jenis rimpang yang sudah terkenal sebagai bahan obat tradisional sejak dahulu, jahe dapat membantu menyembuhkan sinusitis. Kandungan yang terdapat pada jahe yaitu anti-peradangan alami yang baik bagi penyembuhan peradangan pada sinusitis. Anda dapat mengolahnya menjadi sebuah minuman.
  • Jus Stroberi
Anda dapat membuat jus stroberi segar dengan tidak menggunakan tambahan gula, buah stroberi sangat baik bagi pengobatan sinusitis secara alami. Vitamin C yang sangat tinggi yang dimiliki oleh stroberi akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatasi peradangan akibat sinusitis. Anda bisa menambahkan madu, jika jus stroberi terlalu asam.
  • Jus buah dicampur Minyak Oregano
Minyak oregano dipercaya dapat mengatasi sinusitis. Hal ini dapat dipengaruhi dari kandungan bahan alami minyak oregano yaitu meningkatnya fungsi antibiotik alami. Anda dapat memasukkan satu tetes minyak oregano ke dalam jus buah atau bisa juga dengan air hangat biasa.
  • Konsumsi Makanan Pedas
Ketika sinusitis kambuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan pedas. Anda bisa menambahkan beberapa macam bumbu yang mengandung rempah seperti lada, cabai, wasabi, lobak, serta paprika. Beberapa macam bumbu pedas ini kaya akan kandungan vitamin C yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, makanan pedas juga akan membantu mengeluarkan cairan dari hidung. Konsumsi makanan pedas dalam hal ini memang diperbolehkan tetapi tetap perlu ada batasan, jika terlalu berlebihan akan sangat tidak baik bagi sistem pencernaan.
  • Akupuntur dan Pijat
Akupuntur dan pijat sangat bagus dalam mengatasi sinusitis, Tujuannya agar cairan dalam hidung dapat keluar, tetapi perawatan ini hanya dapat dilakukan oleh ahli terapis yang telah berpengalaman.
  • Peningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jika seseorang telah mengalami sinusitis sebelumnya, maka dapat dipastikan jika seseorang alami sinusitis kembali akan lebih buruk kondisinya. Satu-satunya cara agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tips meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, berikut :
1. Olahraga teratur.
2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C serta zat antioksidan.
3. Jaga kebersihan tubuh.
4. Pakai masker guna untuk mengurangi sumber penyakit yang berpotensi masuk melalui saluran pernapasan.
5. Jaga kebersihan lingkungan.
6. Minum air mineral.
 
Itulah beberapa tips mengatasi sinusitis secara alami yang dapat anda coba dan praktekan di rumah. Karena sering kambuh, sinusitis disebut penyakit yang susah untuk disembuhkan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan Anda dapat terbebas dari penyakit sinusitis secara total. Kunci utama agar terhindar dari sinusitis yaitu menjaga kesehatan.

Tips Mengatasi Sinusitis Secara Alami



No comments:

Post a Comment